31.12.08

antara batas

pernah seorang temen bilang kalo kedewasaan itu ga dipengaruhi sama umur, tapi pola pikir dan kemampuan untuk menghadapi suatu masalah. kalo dipikir-pikir, bener juga sih. banyak orang yang berumur 20an tapi pola pikirnya masih kaya bocah smp.

bukan berarti juga sih gw itu udah dewasa. bahkan gw suka bingung sendiri apa sih definisi dari dewasa dan kedewasaan itu sendiri. apakah seorang dewasa memiliki kedewasaan atau sebuah kedewasaan itu membawa kita pada tahap dewasa?

hem..

berusaha untuk dewasa atau terlihat dewasa emang ga gampang yah..

harus bisa tetap calm down pada saat semua urat lu seakan mau putus..

harus bisa tetep senyum saat lu ga suka banget sama orang itu..

tapi apakah semua yang pernah gw lakuin itu adalah sebuah proses untuk menjadi dewasa?

tapi satu hal yang sebenernya gabisa lepas dari sebuah proses kedewasaan. PENGALAMAN. pernah ngerasain ga pengalaman jadi dasar kita buat menghadapi suatu situasi yang hampir sama atau yang persis sama tapi dialami sama orang lain?

pengalaman ngajarin banyak banget hal sama gw. ngajarin gimana caranya menghargai orang lain. ngajarin gimana rasanya dikecewain, rasanya disepelein, rasaanya ga dianggep sampe rasanya putus asa banget.

tapi thx God, semuanya bisa bikin mata gw kebuka kalo hidup itu adalah proses. proses dimana lu dibuat dulu..proses dimana lu dilahirkan.. proses dimana lu bisa baca.. proses dimana lu bisa makan..

sampe proses dimana lu bisa mencintai orang lain dengan tulus.

perihal mencintai orang dengan tulus adalah the hardest part of my 'love life'. rasa sakit saat lu berusaha untuk tulus sama orang lain tapi orang lain itu malah nyakitin lu..

rasa benci saat lu udah berusaha tulus tapi lu malah disangka ngejilat.

what the fuck.

kadang, banyak orang nggaggep apa yang menurut mereka baik, nyaman, indah, penting, luarbiasa, menakjubkan bahka menyebalkan dan nista akan sama dengan pandangan orang lain. wew. apakah orang2 itu tidak pernah hidup bertetangga? apakah orang itu tidak pernah merasakan dilecehkan? merasakan kepentingannya tidak dihargai or whatever.

orang2 yang kaya gitu yang katanya menuju dewasa. yang melihat segalanya sesuai dengan kacamata hidupnya ajah. emangnya ini dunia punya lu? ANEH.

gw banyak banget ga suka sama orang lain. banyak banget memandang subjektif akan sesuatu, tapi sejauh ini, sejauh yang gw rasain, perspektif gw akan muncul kalo gw udah berinteraksi atau minimal merasakan imbas dari kelakuan orang. tapi ya gw juga manusia ciptaan tuhan yang ga pernah langsung nyadar kalo salah. yang punya tingkal rasionalisasi tinggi tapi banyak mihaknya. karena gw, dan mungkin lu semua, kita punya sesuatu yang memang selalu menjadi pemain tetap dalam menghadapi segala kondisi dan situasi. it called, heart.

hati manusia yang katanya keras bagai batu, tapi bisa nangis kalo liat ibunya meninggal

hati manusia yang katanya lembut kaya sutra, tapi bisa tega ngebunuh ibunya.

hati manusia yang ga pernah punya pendirian. kadang luluh kalo di puji. cepet marah kalo di caci.

hati manusia tempat segala hal tentang keadaan diri yang sulit orang lain tau.

"dalamnya lautan bisa ditebak, dalamnya hati siapa yang tau??"

hehhee. jadi inget pepatah lama..

tapi bener juga sii. kadang kita ngeliat orang kayang welcome sama kita, padahal mah dalem hatinya pengen nonjok. haha. persis kaya gw. gw itu punya lima tahap ga suka sama orang.

pertama, gw akan biasa ajah kalo dia biasa ajah

kedua, kalo dia udah mulai ganggu gw  akan tunjukin bahasa tubuh gw dan muka ga suka

ketiga, kalo dia udah mulai sangat menggangu, gw akan ngomong secara pelan

keempat, kalo dia masih bego diomongin atau ga sadar dengan bahasa tubuh, gw akan meledak.

terakhir, kalo dia masih ttp tolol dengan tidak berubah, gw akan diem. selamanya diem. dan nganggep dia kaya angin. dan terus mengawasi dia.. persis kaya teroris.

uuuhhh..

what a bad bad bad habbit!!

tapi, yah itu gw. gw yang asli. tau deh udah dewasa apa belum. hehe. semua itu ada karena gw terbentuk lingkungan dan pengalaman. persis kaya teori atribusi yang bilang kalo perilaku seseorang itu dipengaruhi oleh pengalaman dan lingkungannya.

kembali ke masalah dewasa. 2009, mau banyak2 belajar sabar dan ikhlas.. mau belajar jadi dewasa sebenernya. dan mau cari tau, siapa gw sebenernya, apa yang gw mau, apa yang gw ga suka. lebih dalem lagi. lebih intim. karena gw gamau orang lain malah lebih bisa mahamin gw daripada gw sendiri.

akan terlihat konyol kalo gw ga kenal dengan intim siapa 'gw'.

humm..

nite all..

No comments:

Post a Comment